Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Ayam Kremes Krunchy

Olahan dengan bahan dasar daging ayam seolah tidak akan pernah ada habisnya. Yah, sampai detik ini daging ayam masih terbukti sebagai salah satu jenis masakan yang disukai oleh masyarakat secara umum. Kandungan proteinnya yang tinggi ditambah lagi harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan daging yang lain menjadi alasan mengapa daging ini banyak diminati.

Tak hanya itu saja, daging auam memang memiliki tekstur daging yang lebut serta seratnya mudah untuk dicerna oleh tubuh. Tak heran jika konsumennya datang dari segala usia. Nah untuk Anda yang belum tahu akan Resep Ayam Kremes ini, dibawah ini kami sudah menyediakannya.

Bahan yang dibutuhkan :
- Ayam kampung yang masih muda 1 ekor kita potong menjadi 8 bagian
- Lengkuas kurang lebih 1 ibu jari kita memarkan
- Daun salam 4 lembar
- Serai 1 batang kita memarkan
- Air 2.000 ml
- Santan kelapa yang kental 150 ml
- Tepung sagu 200 gr
- Telur 1 butir
- Garam kurang lebih 4 sdt
- Minyak goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
- Bawang merah 4 butir
- Bawang putih 6 siung
- Kunyit 1 ruas jari kita bakar
- Kemiri 4 butir yang sebelumnya sudah sangrai
- Ketumbar 1 sdm juga sudah sangarai sebelumnya
- Garam 4 sdt

Cara membuat Ayam Kremes Krunchy :
- Kita rebus atau bisa juga ungkep ayam dengan air, lengkuas, bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, serai, serta daun salam. Kita rebus dengan api sedang dan jangan lupa untuk di bolak-balik agar ayam matang secara merata.
- Jika daging sudah lunak, kita masukkan santan sambil kita rebus sambil diaduk-aduk sampai mendidih, tunggu sampai air rebusan tinggal 1/4 bagian lalu kita matikan apinya.
- Selanjutnya kita tiriskan ayam lalu kemudian kita saring kuang ayam lalu buang ampasnya. Tunggu hingga dingin.
- Kita masukkan tepung sagu serta telur ke dalam kuah rebusan tadi, dan tak lupa kita tambahkan garam lalu aduk hingga benar-benar rata dan menjadi sebuah adonan. Perlu Anda ingat, jangan sampai adonan yang Anda buat jangan sampai terlalu kental atau juga encer.
- Setelah itu kita siapkan minyak goreng. Kita lumuri ayam dengan ke dalam tepung, lalu kemudian kita goreng hingga berwarna kuning agak kecoklatan lalu tiriskan.
- Untuk membuat kremes tepung caranya ialah dengan menggoreng sisa adonan tepung hingga berwarna kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
- Ayam Kremes Krunchy siap kita sajikan dengan taburan kremes di atas ayam goreng.

Cara penyajian Ayam Kremes Krunchy ini paling pas jika ditambah dengan sambal serta nasi. Selamat mencobanya di rumah.

Related : Resep Ayam Kremes Krunchy