Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Pepes Ikan Spesial Pedas

Pepes ikan merupakan salah satu jenis olahan ikan yang sehat. Olahan ikan yang satu ini bisa kita modifikasi dalam beragam isiian serta rasa yang beragam sesuai dengan keinginan kita. Cara memasaknya pun tidak membutuhkan minyak. Dengan kata lain pepes ikan ini sangat sehat untuk dikonsumsi, terebih lagi bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

Dan kali ini, lintasresep akan memberikan rahasia mengenai Resep Pepes Ikan Spesial Pedas. Berikut Resep Pepes Ikan.

Bahan yang kita butuhkan :
- Ikan tenggiri (bisa menggunakan ikan lain sesuai selera) 500 gram, kita potong-potong sesuai dengan selera kita - Daun salam 2 lembar saja
- Asam jawa 1 sdm
- Daun jeruk purut 5 lembar
- Santan kelapa yang kental 100 ml
- Cabai rawit 10 butir (bisa kita tambahkan lagi jika ingin rasa yang lebih pedas)
- Daun kemangi secukupnya saja
- Daun pisang kira-kira 3 lembar
- Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang akan kita haluskan :
- Bawang merah 6 butir
- Bawang putih 2 siung
- Kemiri 4 buah
- Garam kurang lebih ½ sdt

Cara membuat Pepes Ikan Spesial Pedas :
- Cara pertama kita campur semua bumbu halus yang sudah kita buat dengan santan kelapa, daun salam, asam jawa, daun jeruk, cabai rawit, ikan, serta kemangi. Kita aduk hingga semua bahan tercampur.
- Berikutnya kita bungkus ikan plus bumbu-bumpe pepes ke dalam daun pisang. Setelah itu kita sematkan kedua ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi. Kita lakukan cara ini pada semua potongan-potongan ikan sampai semuanya sudah terbungkus.
- Selanjutnya kita kukus semua pepes ikan yang sudah kita buat, sekitar kurang lebih 30 menit sampai pepes benar-benar matang. Anda juga bisa membakar pepes ikan jika Anda suka dengan ikan yang dibakar. Kita bakar hingga warna kehitaman. Pepes yang dibakar memiliki cita rasa yang lebih gurih ketimbang di kukus.
 - Terakhir kita angkat lalu kita sajikan.

Related : Resep Pepes Ikan Spesial Pedas