Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Semur Ayam Khas Nusantara

Semur ayam bisa kita buat sesuai dengan selera. Karena pada umumnya semur ayam memiliki dua rasa yang bisa kita pilih, yakni rasa pedas serta rasa manis. Rasa manis biasanya sering dipilih sebagai salah satu masakan Jawa. Seperti diketahui masakan Jawa memang identik dengan rasa manis.

Resep Semur Ayam sebenarnya sangat mudah, namun pastinya bumbu yang digunakan berbeda dengan bumbu asal betawi. Jenis masakan yang satu ini memang lebih sering dimasak oleh kaum ibu rumah tangga. Tak heran jika masakan ini terkesan sangat universal. Dengan kata lain masakan ini memiliki kesamaan di setiap daerahnya.


Bahan yang dibutuhkan :
- Daging ayam ½ kg dipotong sesuai dengan selera Anda
- Kecap manis 15 ml
- Air putih kurang lebih 600 ml
- Daun jeruk 5 lembar
- Serai 1 batang yang sebelumnya sudah di geprek
- Minyak goring secukupnya saja

Bumbu yang akan dihaluskan :
- Merica butiran sekitar 1 sdt
- Garam secukupnya, disesuaikan dengan selera Anda
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 2 siung
- Kemiri cukup 5 butir saja
- Cabe merah besar cukup 2 buah saja

Cara mengolah Semur Ayam :
- Tumis semua bumbu yang tadinya sudah kita haluskan. Tunggulah hingga aroma dari bumbu terasa atau sampai warna bumbu kecoklatan.
- Setelah semua bumbu sudah Anda tumis, baru kemudian kita masukkan daging ayam lalu Anda aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur. Jangan lupa masukkan juga serai serta daun jeruk.
- Tuang air putih, tunggu hingga benar-benar mendidih. Perlu Anda ingat, saat di rebus pastikan semua bumbu tercampur serta aduk agar ayam yang Anda masak memiliki tingkat kematangan yang pas serta bumbunya meresap - Nah, saat air rebusan ayam sudah mulai menyusut, baru kemudiak kita tuangkan kecap. Jangan lupa kita aduk lagi dan kita cicipi.
- Sajikan dengan nasi akan lebih terasa pastinya.

Sudah tahu Resep Semur Ayam sekarang bukan? Tunggu apalagi, saatnya Anda mencoba dirumah.

Related : Resep Semur Ayam Khas Nusantara