Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional

Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional - Kue dibedakan menjadi 2 jenis, kue kering dan kue basah. Setelah kemarin, saya membahas resep dan cara membuat kue kering, kali ini akan saya bahan tentang resep dan cara membuat kue basah. Perbedaan antara kue kering dan kue basah adalah kandungan yang ada dalam kue tersebut. Kue kering yang biasanya disimpan dalam toples memiliki ketahanan yang lama, mulai seminggu bahkan sampai berbulan-bulan. Sedangkan kue basah hanya dapat bertahan sehari atau maksimal beberapa hari saja karena bila tidak segera dimakan akan basi / tumbuh jamur.

Kue Basah Tradisional

Kue basah sendiri juga dibedakan menjadi 2 yakni kue basah tradisional dan modern. Kali ini kita akan membahas tentang resep dan cara membuat kue basah tradisional saja. Hal yang menjadi ciri khas dari kue basah tradisional adalah kue yang menjadi warisan dari nenek moyang kita / telah dibuat sejak dahulu. Dengan negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, suku dan budaya maka terdapat banyak kue tradisional yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah.

Berikut beberapa resep dan cara membuat Kue basah tradisional yang dapat anda simak:

Resep dan cara membuat Kue Basah Putu Ayu

Bahan :
- 300 gr gula pasir
- 4 Butir telur
- 400 ml santan
- 2 sdt emulsifier
- 1 Butir kelapa diparut
- 400 gr tepung terigu
- garam secukupnya
- 2 sdt pasta pandan

Cara membuat Kue Putu Ayu :

1. Masukkan dan campur menjadi satu bahan-bahan seperti gula, telur, santan, emulsifier dan aduk sampai adonan mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu, santan, garam dan pasta pandan kedalam adonan lalu aduk sampai merata
3. Masukkan adonan kedalam alat cetakan untuk membuat Kue basah putu ayu, tambahkan kelapa parut lalu padatkan. Kukus dalam waktu 15 menit, lalu sajikan

Resep dan Cara membuat kue Wingko Babat

Bahan :
- 700 gr gula pasir
- 700 gr kelapa tidak terlalu tua, diparut memanjang
- 100 gr tepung tapioka
- 1 kg tepung ketan
- 500 ml santan
- 1 sdt garam / secukupnya
- 1 sdt pasta / bubuk vanili
- 3 sdm mentega
- 2 lbr daun pandan, disimpul
- kertas minyak dan daun pisang

Untuk dioles:
- 4 Butir telur ambil kuningnya saja
- 1 sdm margarin

Cara membuat wingko babat:

1. Hidupkan kompor, lalu rebus bahan ini: santan, garam, gula pasir sampai mendidih
2. Tambahkan tepung, vanili, margarin, kelapa parut kedalam rebusan tadi. Untuk pelengkap masukkan santan rebus. Setelah matang, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah loyang, agar tidak lengket pakai daun pisang sebagai alas.
3. Panggan adonan tersebut kedalam oven selama 15-20 menit dengan suhu 150-160°C, keluarkan adonan dan olesi dengan kuning telur dan margarin lalu oven lagi selama 20-25 menit sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang

Itulah beberapa Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional yang dapat anda praktekkan hari ini, Jika anda tertarik dengan jenis kue basah tradisional lainnya, anda bisa mengklik postingan lain dibawah ini tentang resep dan cara membuat donat kentang.

Related : Resep dan Cara membuat Kue Basah Tradisional