Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Jenis Gelatin dan Kode Gelatin

Gelatin adalah zat kimia padat, tembus cahaya, tak berwarna, rapuh (jika kering), dan tak berasa, yang didapatkan dari kolagen yang berasal dari berbagai produk sampingan hewan. Gelatin umumnya digunakan sebagai zat pembuat gel pada makanan, farmasi, fotografi, dan pabrik kosmetik

Jenis Gelatin yang Beredar
Ada dua jenis gelatin yang dibedakan berdasarkan bahan dan cara pembuatannya :

Gelatin type A (acid)
Kebanyakan diproduksi dari kulit babi yang masih muda .Proses pembuatan bisa cepat karena rangkaian kolagen belum terikat kuat. Hanya perlu merendam dalam larutan asam lemah (asam klorida) selama satu hari yang dilanjutkan dengan pencucian untuk menghilangkan asam dan garam.

Gelatin type B (base)
Dibuat dari tulang-tulang dan kulit tua (alot dan jeras) dari hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Pembuatan cukup lama bahkan berminggu-minggu dengan merendam dalam kalsium hidroksida. Setelah kolagen terpisah barulah diproses ke tahap selanjutnya yaitu pengekstrakan.

Dulu pemerintah Indonesia masih sering mengimpor gelatin dari Amerika dan Eropa, sehingga timbul perdebatan, ada yang bilang gelatin halal karena telah mengalami perubahan bentuk dari babi menjadi ekstrak garam. Ini mirip dengan kasus cuka yang merupakan perubahan dari alkohol.tentu saja membuat kita bertanya-tanya ini gelatin halal? jangan-jangan dari babi yang hukumnya haram.namun, Sekarang kita tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak gelatin produksi lokal yang dibuat dari kulit dan tulang sapi.


Hukum gelatin sempat menjadi perdebatan, ada yang bilang gelatin halal karena telah mengalami perubahan bentuk dari babi menjadi ekstrak garam.Gelatin dapat dibeli di toko kue, supermarket ataupun toko online, tak perlu khawatir di Indonesia setiap produk sudah diberi sertifikat halal dari MUI. Badan POM sudah menjamin hal ini, meskipun gelatin tersebut hasil import tapi pasti dari sapi yang halal. Gelatin yang beredar di pasaran dijual dalam bentuk gelatin bubuk (gelatin powder) dan gelatin lembaran (gelatin sheets).

  • Untuk gelatin bubuk, dilarutkan dengan air dingin sampai mengental dan terlihat tembus pandang
  • Untuk gelatin lembaran, direndam dalam air dingin sampai terlihat lunak lalu peras. Tinggal larutkan dengan air panas sampai terlihat bening.

Untuk memberikan perlindungan pada konsumen, negara biasanya memberikan kebijakan untuk selalu mencantumkan kode komposisi bahan olahan. Berikut adalah kode dari gelatin babi yang harus dihindari oleh muslim,
101, 101A, 120, 150, 153, 160A, 160B, 161A, 161C, 163, 200, 270, 304, 310-312, 326, 327, 334, 336, 337, 350, 353, 422, 430, 436, 162, 470, 478, 481, 483, 491, 495, 542, 572, 575, 631, 904A Ini mirip dengan kasus cuka yang merupakan perubahan dari alkohol.

dan untuk kamu yang vegetarian, jika tidak ingin dengan gelatin karena berasal dari hewani, maka untuk pemakaian gelatine bisa diganti dengan agar-agar bubuk atau konnyaku. Kedua bahan ini terbuat dari bahan nabati, rumput laut dan pohon konnyac. Banyak dijual di pasar swalayan dan toko bahan kue.

Tags :

Related : Jenis Gelatin dan Kode Gelatin