Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Telur uyuh Balado





Resep telur puyuh balado - Di negeri kita yang kaya ini pasti banyak masyaraktnya yang tidak terlepas dari mengkonsumsi yang namanya telur, entah itu telur ayam, telur bebek atau telur puyuh. Salah satu yang sering dikondumsi yaitu telur puyuh, telur puyuh adalah telur dari burung gemak dimana telur puyuh mengandung lebih banyak protein disbanding telur ayam dan telur bebek. Karena hal itulah telur puyug sangat disukai oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai salah satu lauk untuk melengkapi sambal goreng, namun kenyataanya ibu-ibu masih banyak yg bingung bagaimana cara membuat telur puyuh balado yaitu bumbu khas Minagkabau yang terkenal sangat pedas dan nikmat. Biasanya sajian bumbu balado ini banyak kita temui di warung-warung masakan padang. Mungkin langsung saja akan saya bagikan Resep telur puyuh balado ini.

Untuk membuat resep telur puyuh balado yang nikmat ibu-ibu harus menyimak dan ikuti langkah dibawah ini, agar keaslian rasa bumbu baladonya benar-benar keluar. Siapkan dulu bahan dasarnya;
25 butir telur puyuh, rebus, kupas, goreng hingga berkulit
1 buah tomat, cincang kasar
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml air
minyak untuk menumis
penyedap rasa secukupnya
lalu bumbu baladonya sebagai berikut;
10 siung bawang merah (yang 4 siung iris tipis dan goreng)
4 siung bawang putih
1/4 sdt terasi
2 buah cabai merah besar (buang bijinya)
5 buah cabai rawit merah (sesuaikan selera pedas anda)
2 butir kemiri

Untuk membuat telur puyuh balado, langkahnya adalah:
Tumis bumbu balado yang telah dihaluskan tersbut sampai bumbu halusnya berbau sangat tajam dan wangi
Masukkan air dan aduk perlahan sampai kelihatan mendidih
Masukkan telur puyuh, tomat cincang, daun salam dan tambah garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya saja (jangan lupa cicipi dulu rasanya)
Biarkan mendidih dan air menyusut, setelah itu baru masukkan bawang merah yang telah digoreng tadi.
Selesai dan siap disajikan

Nah bagaiman ibu-ibu, ternyata mudah bukan membuat masakan telur puyuh balado. Resep telur puyuh balado ini sangat cocok dijadikan lauk makan malam apalagi saat cuaca sedang dingin. Selamat mencoba.

Tags :

Related : Resep Telur uyuh Balado