Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Kue Pukis Empuk Khas Banyumas

Resep Kue Pukis - Pernahkah anda menjumpai penjual roti pukis yang ada disekitar tempat tinggal anda? Kalau iya, berarti anda termasuk beruntung dapat mencoba salah satu resep kue tradisional yang kini mulai tergantikan dengan resep kue modern / kering. Tempat yang menjadi favorit para penjual kue pukis adalah sekolah karena banyak sekali anak kecil yang sangat meminati kue bertekstur empuk dan lembut ini.

Cara membuat resep kue pukis terkenal di daerah Kota Banyumas. Kue ini merupakan salah satu kue legendaris yang sudah ada sejak jaman dahulu. Selain di sekolahan, kue ini juga banyak didapatkan di pasar tradisional yang menjual aneka kue basah. Anda juga bisa membaca mengenai resep kue lapis disini.

Cara buat kue pukis terbilang cukup mudah, dengan bermodalkan tepung terigu sebagai bahan utama. Jika anda tertarik membuatnya, silahkan simak resep dan cara membuat kue pukis khas banyumas.

Bahan membuat kue pukis :

400 gram tepung terigu
6 butir telur
450 ml santan kelapa
250 gram gula pasir
2 sendok teh ragi / fermipan
100 gram margarin

Bahan tambahan (bisa dipilih) :

Selai coklat / meses sesuai selera
Selai Nanas sesuai selera
Keju sesuai selera


Cara membuat kue pukis empuk dan enak :

1. Campurkan gula dan telur pada wadah. Lalu kocok sampai tercampur
2. Tambahkan tepung terigu kedalam kocokan lalu ayak hingga rata
3. Tambahkan santan lalu aduk hingga merata. Tunggu kira-kira 15-20 menit
4. Hidupkan kompor, siapkan cetakan kue pukis, jangan lupa olesi margarin pada bagian dalam cetakan ( agar adonan tidak gosong )
5. Tuang adonan pada cetakan, tunggu beberapa menit. Jika sudah matang (terlihat agak coklat pada bagian pinggir) taburkan bahan tambahkan seperti meses dan lain-lain. Tunggu sampai matang dengan sempurna.
6. Kue pukis siap disajikan pada piring

Cukup mudah bukan? Cara menikmati kue pukis yang paling pas adalah saat baru dibuat / dalam keadaan hangat. Rasanya manis, empuk dan enak bukan? Sekian resep kue pukis yang dapat kami sajikan. Silahkan kunjungi resep kue basah untuk mendapatkan info mengenai cara membuat kue terbaru.

Related : Resep Kue Pukis Empuk Khas Banyumas