Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Sayur Lodeh Cita Rasa Khas Nusantara

Seperti kita ketahui, sayur lodeh merupakan masakan yang melambangkan ciri khas nusantara. Dan pastinya, cita rasa dari sayur lodeh sudah tidak asing lagi di lidah kita (terlebih lagi bagi para pecintanya). Bahan pembuatannya pun mudah kita jumpai di berbagai daerah yang ada di negeri ini.

Untuk masalah resep sayur lodeh, bisa dikatakan jika di setiap daerah memiliki resep yang sedikit berbeda. Namun bahan dasar yang digunakan sama, hanya saja ada sedikit variasi. Dan pada kesempatan kali ini, akan kami berikan resep sayur lodeh cita rasa khas nusantara.

* Bahan-Bahan
- Labu siam cukup 1/2 buah saja kita potong dalam bentuk kotak-kotak
- Kacang panjang 10 buah
- Jagung manis 1 buah (kita potong kecil-kecil)
- Wortel 1 buah (dipotong sesuai selera)
- Buah linjo plus daunnya 1 (khusus daunnya jika ada)
- Daun salam 2 lembar
- Cabai hijau 3 buah (dipotong tipis-tipis)
- Cabai merah 5 buah (dipotong tipis-tipis juga)
- Nangka muda cukup 1 potong
- Terong ungu cukup 1 buah
- Tempe (khusus yang mau saja)
- Santan secukupnya (kurang lebih 1/2 kelapa)
- Garam secukupnya
- Gula Merah 1 Sdt
- Air putih 400 ml
- Penyedap rasa secukupnya

* Bumbu Halus
- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 4 siung
- Kemiri 4 butir
- Lengkuan e cm
- Gula merah 1 Sdt
- Terasi 1/2 Sdt

* Cara Mengolahnya :
- Pertama-tama kita tumis semua bumbu yang tadinya sudah kita haluskan. Perlu diingat. Saat menumisnya kondisi api dalam keadaan sedang-sedang saja.
- Langkah kedua kita rebus air, lalu kemudian kita masukkan semua bahan sayur. Setelah itu baru kita masukkan bumbu yang sudah kita tumis serta garam secukupnya, penyedap rasa, serta gula merah dan santan. Tunggu hingga mendidih baru siap untuk kita sajikan.

Resep sayur lodeh bisa berbeda-beda di setiap daerahnya. Namun pada umumnya bumbu dasar yang digunakan sama semua. Meski terbilang jenis masakan ini sering kita jumpai, namun tidak semua orang paham betul cara pengolahannya. Jika Anda tertarik, Selamat mencobanya.

Related : Resep Sayur Lodeh Cita Rasa Khas Nusantara