Aneka Resep Masakan Indonesia, Sederhana, Sehari-hari Seperti Resep Masakan Ayam, Resep Makanan, Resep Kue, Resep Masakan Nusantara

Resep Kue Cucur Manis Tradisional

Resep Kue Cucur Manis Tradisional - Kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat kue cucur yang manis. Kue ini merupakan kue tradisional yang diwariskan oleh leluhur di Indonesia. Kue cucur cocok untuk kudapan saat waktu bersantai ataupun bersama dengan keluarga.

Resep kue cucur cukup mudah untuk diterapkan dan juga bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan. Bahan dasar kue cucur terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan gula. Berikut tips buat kue cucur ala lintas resep :

Bahan-bahan :
600 gram tepung beras
6 sendok makan tepung terigu
minyak goreng
1 sendok teh garam

Bahan gula :
350 gram gula merah dihaluskan/ sisir
200 gram gula pasir
1 liter air
2 lembar daun pandan diiris



1. Rebus bahan larutan gula dalam panci hingga mendidih. Tiriskan dan saring. Tunggu sampai hangat
2. Campur semua bahan seperti tepung, tepung beras garam dsb. Tambahkan larutan gula yang tadi dibuat sambil diuleni. Pukul dengan telapak tangan sekitar 1/2 jam sampai adonan ringan.
3. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, tuangkan adonan kue cucur ke gelas / wadah dengan takaran sesuai selera. Tuang adonan ke panci.
4. Agar matang merata, siram bagian atas dengan minyak goreng dan tusuk bagian tengah kue agar tumpukan adonan pecah dan merata.
5. Tunggu beberapa menit, jika terlihat kecoklatan atau bagian pinggir agak kering, angkat dan hidangkan.

Bagaimana? mudah bukan cara membuat kue cucur. Meskipun ini tergolong masakan tradisional, rasa kue cucur tidak kalah enak dengan kue-kue modern lainnya seperti kue pukis, kue nastar dan sebagainya. Selamat mencoba Resep Kue Cucur Manis Tradisional.

Related : Resep Kue Cucur Manis Tradisional